Fahutan Untan Adakan Lokakarya Tingkatkan Potensi Pohon di Lahan Pertanian

Fahutan Untan Adakan Lokakarya Tingkatkan Potensi Pohon di Lahan Pertanian

Fakultas Kehutanan Universitas Tanjungpura (Untan) bekerjasama dengan Center for International Forestry Research (CIFOR) dan International Centre for Research in Agroforestry (ICRAF) mengadakan lokakarya dalam upaya menambah jumlah pohon di lahan pertanian, yang berlangsung di Pontianak, pada Rabu (8 Agustus 2018).

Lokakarya tersebut mengusung tema Peningkatan Potensi Pohon di Lahan Pertanian dalam Memenuhi Sasaran Konservasi Keanekaragaman Hayati di Tingkat Nasional dan Global.

Dekan Fakultas Kehutanan Untan, Dr. Ir. H. Gusti Hardiansyah, M.Sc, QAM menjelaskan empat tujuan dari proyek penelitian potensi pohon di lahan pertanian atau Trees on Farm adalah agar masyarakat sejahtera melalui keanekaragaman hayati, berkontribusi kepada sektor pertanian untuk perlindungan keanekaragaman hayati, memperkuat komitmen antar lembaga terutama pemerintah untuk mengembangkan potensi pohon di lahan pertanian atau Trees on Farm, dan untuk mendukung indonesia biodiversity.

“Tujuan dari Trees on Farm adalah kita ingin melihat pohon-pohon berkayu di areal lahan-lahan pertanian, karena ini akan mengundang keanekaragaman hayati,” katanya.

Dr. Ir. H. Gusti Hardiansyah mengatakan, proyek Trees on Farm  ini tidak hanya melibatkan akademisi tetapi juga pemangku kebijakan, masyarakat adat, mahasiswa dan pihak-pihak yang terkait.

“Kita akan eksplorasi dan mendeskripsikan jenis-jenis pohon khas dan unik di Kalimantan Barat,” ujarnya.

Ia mengatakan proyek Trees on Farm akan dilaksanakan di beberapa tempat yang berpotensi di kalimantan barat seperti Peniraman, Mempawah dan Setapuk Singkawang (Kurniadi)

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *