Kuliah Umum Prodi Teknik Lingkungan UNTAN: Historical Development of the water management

Kuliah Umum Prodi Teknik Lingkungan UNTAN: Historical Development of the water management

Kuliah Umum Teknik Lingkungan UNTAN ini di laksanakan di Gedung S2 Informatika Untan Lantai 2 pada hari Selasa, 6 Maret 2018. Kuliah umum ini menghadirkan pemateri Ilmuwan Senior Research Institute for water and waste management at the RWTH Aachen University (FiW) yaitu Dr. Wolfgang Kirchhof. Kuliah umum  ini membahas tentang pengolahan air limbah menjadi air bersih.

Di negara Jerman sudah memiliki sistem pengolahan air limbah menjadi air bersih yang bisa dimanfaatkan oleh masyarakat. Air bersih itu dihasilkan dari pengolahan air sungai yang pada kenyataan air sungai pasti memiliki kandungan limbah yang sangat banyak. Dalam pengolahan air sungai dibagi menjadi 3 zona (dengan fungsi dan tata kerja sesuai zona masing-masing).
Research Institute for water and waste management at the RWTH Aachen University (FiW)
Dr. Wolfgang Kirchhof juga menyampaikan di Negara Jerman sudah dibuat aturan tentang menjaga kebersihan sungai seperti jangan membuang limbah, membuang sampah di sungai dan juga larangan mengambil air di zona tertentu. Sudah banyak yang peduli dengan aturan pemerintah tentang kebersihan sungai ini, tetapi tetap masih ada yang melanggar aturan tersebut.

“saat ini negara yang memiliki sistem pengolahan air yang cukup baik adalah negara saudi arabia, karena pengolahan air di saudi arabia menyatu antara air minum dan air bersih. sedangkan di Jerman teknologi  tersebut sudah ada, tetapi masih belum digunakan karena masih cukup mahal” kata Wolfgang Kirchhof.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *