Menteri PPN Isi Kuliah Umum di Untan

Menteri PPN Isi Kuliah Umum di Untan

Pontianak, thetanjungpuratimes.com – Universitas Tanjungpura mengadakan kuliah umum bersama Menteri Perencanaan Pembanguna Nasional dan Kepala Bappenas, Prof Bambang PS Brodjonegoro PhD yang berlangsung di aula pertemuan lantai 3 gedung Rektorat Untan pada Senin (28/8) siang.

Kuliah umum dengan tema pemerataan mendorong pertumbuhan berkelanjutan di Pulau Kalimantan ini dihadiri para peserta yang terdiri dari Rektor Universitas se Kalimantan, Bupati dan Wali Kota se Kalimantan Barat, jajaran tenaga pengajar dan pengelola Untan, Satuan Perangkat Kerja Daerah tingkat Kabupaten/Kota dan Provinsi, serta mahasiswa dari Fakultas Ekonomi dan Bisnis di tingkat Sarjana dan Magister.

Rektor Untan, Prof Dr H Thamrin Usman DEA mengatakan kedatangan Menteri PPN ini tentu dikarenakan ada keresahan mengenai pemerataan di Pulau Kalimantan.

“Kami para Rektor dari Perguruan Tinggi Negeri yang ada di Kalimantan mengatakan pada Kemenristekdikti ingin PTN disini juga merata dengan PTN yang ada di daerah Jawa,” kata Rektor.

Karena itulah kedatangan Menteri PPN dalam kuliah umum ini merupakan upaya pusat untuk mewujudkan hal tersebut.

Senada dengan Rektor, Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Prof Dr Eddy Suratman SE MA, menyebutkan sumbangsih pulau Kalimantan terhadap pertumbuhan ekonomi di Indonesia semakin berkurang, yang sebelumnya berada di angka 10,8 persen menjadi 3 persen, meskipun penurunan ini juga diikuti oleh pulau yang lainnya terkecuali Sulawesi.

“Hampir 60 persen pertumbuhan ekonomi di Indonesia itu disumbangkan oleh pulau Jawa dan Bali,” ujar Eddy.

Pemerintah sebenarnya sudah mencoba melakukan pemerataan tersebut dengan mengurangi dana transfer pada pulau Jawa dan Bali, hanya saja memang masih ada beberapa faktor yang menyebabkan pemerataan ini menjadi cukup sulit.

Karena itulah, menurut Eddy pemerataan ini menjadi topik yang serius. Saat ini Menteri PPN tengah menyampaikan materi kuliah umumnya kepada peserta yang hadir.

Foto: Menteri PPN didampingi Rektor Untan dan Dekan FEB Untan saat mengisi kuliah umum mengenai pemerataan/Imam

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *