Menuju BLU, Tenaga Kependidikan Untan Studi Kerja ke UNS Solo

Menuju BLU, Tenaga Kependidikan Untan Studi Kerja ke UNS Solo

Saat ini Universitas Tanjungpura sedang dalam proses pengajuan perubahan tata kelola, dari tata kelola sebagai satker menjadi PK BLU, yang diharapkan dapat terlaksana pada Tahun Anggaran 2017 ini. Rencana perubahan tersebut mempunyai pengaruh yang cukup siknifikan dalam hal tata kelola administrasi secara umum, terutama pada bidang tata kelola keuangan dan tata kelola BMN, yang menjadi penentu dalam laporan neraca Universitas.

Dalam hal ini memang masih ada pro-kontra, dari kubu pihak pro berpendapat bahwa dengan adanya BLU maka pihak universitas akan lebih mudah untuk mengatur keuangan tanpa harus masuk ke kas negara dahulu, segala hal yang berifat operasional akan bergulir secara langsung tanpa kendala birokrasi yang terkesan berbelit-belit.

Dari yang kontra, banyak pula yang mengklaim bahwa tindakan tersebut ujung-ujungnya berdampak pula pada kenaikan biaya SPP dan beragam sumbangan yang terkadang tidak realistis dengan fakta yang ada di lapangan. Namun, dalam berbagai kesempatan, Rektor Untan selalu menegaskan bahwa BLU di Untan tidak akan berpengaruh terhadap kebijakan biaya SPP dan tidak akan memberatkan mahasiswa.

Untuk merealisasikan hal tersebut, Untan mengirimkan sejumlah staff dari semua unit di Untan untuk mengikuti Studi Kerja Penyusunan Perencanaan Menuju Pola Pengelolaan Keuangan PTN-BLU  Untan di Universitas Sebelas Maret Surakarta. Kegiatan  yang dibuka oleh Wakil Rektor IV UNS, Prof.Dr.Widodo Muktiyo ini akan berlangsung pada tanggal, 8- 13 Oktober 2017.

Dr.Rini Sulistiawati,SE.M.Si selaku Wakil Rektor bidang umum dan keuangan Untan, dalam sambutan pembukaan kegiatan ini mengharapkan program ini dapat menjadi sarana pembelajaran efektif karena dapat menyaksikan secara langsung tata kelola dan pelaksanaan bidang-bidang terkait.

blu

blu3

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *