Naikan Akreditasi Institusi, Untan Benahi Akreditasi Program Studi

Naikan Akreditasi Institusi, Untan Benahi Akreditasi Program Studi

Pontianak, thetanjungpuratimes.com – Rektor Universitas Tanjungpura (Untan), Prof Dr H Thamrin Usman DEA, mengatakan, dalam perjalanan menuju akreditasi Institusi dari B menjadi A, Untan telah sampai di tahapan untuk membenahi akreditasi di semua Program Studi (Prodi) yang ada.

Dikatakan Rektor, pihak Prodi tidak boleh mengusulkan untuk melakukan Re-Akreditasi tanpa melalui proses atau pun tahapan yang telah ia tetapkan.

“Salah satunya adalah harus melalui rekomendasi lembaga pengembangan pendidikan dan penjaminan mutu Untan. Karena disitu ada tim penjaminan mutu yang akan mengevaluasi sebelum borang akreditasi itu dinilai oleh asesor,” ujar Rektor pada Senin (31/7).

Melalui rekomendasi inilah Rektor merasa yakin untuk menandatangani surat permohonan akreditasi dari Prodi yang bersangkutan sebelum dikirimkan ke pusat.

Dari tahapan tersebut, lanjut Rektor, ternyata banyak membawa dampak positif bagi Prodi. Salah satunya peningkatan beberapa akreditasi Prodi yang ada ke satu tingkat diatas dari akreditasi prodi tersebut sebelumnya.

Menurutnya, jika itu semua mengarah ke perbaikan yang bagus, maka otomatis pada saat pendampingan proses peningkatan akreditasi Institusi Untan dari B ke A akan dapat terlaksana.

Saat ini, kata Rektor, Untan hanya terkendala perihal tata cara merapikan dokumen agar sesuai dengan standar yang ditetapkan oleh Kemenristekdikti.

“Saya melihat di internal Untan ini hanya belum terjadi perapian dokumen saja, Insya Allah dengan adanya pendampingan itu otomatis peningkatan akreditasi institusi ini akan segera tercapai,” pungkasnya.

Dirinya pun menargetkan Untan secara Institusi sudah menyandang Akreditasi A sebelum jabatannya sebagai Rektor berakhir pada April 2019 mendatang.

Foto : Rektor Untan, Prof Dr H Thamrin Usman DEA/Imam

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *