Penerimaan Mahasiswa Baru Melalui Seleksi Mandiri Universitas Tanjungpura Tahun Akademik 2017/2018

Penerimaan Mahasiswa Baru Melalui Seleksi Mandiri Universitas Tanjungpura Tahun Akademik 2017/2018

LATAR BELAKANG

Berdasarkan Undang-Undang Nomor 12 Tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi, juncto Peraturan Pemerintah Nomor 4 Tahun 2014 tentang Penyelenggaraan Pendidikan Tinggi dan Pengelolaan Perguruan Tinggi, juncto Peraturan Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Nomor 126 Tahun 2015 tentang Penerimaan Mahasiswa Baru Program Sarjana pada Perguruan Tinggi Negeri, sebagaimana telah diubah dengan Peraturan Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Nomor 45 Tahun 2015. Pola penerimaan mahasiswa baru program Sarjana pada Universitas Tanjungpura dilakukan melalui Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN), Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN), dan Seleksi Mandiri Universitas Tanjungpura menyediakan Program Reguler (kelas pagi) dan Program Percepatan APK PT (kelas sore dan malam) untuk penerimaan mahasiswa baru.

Seleksi Mandiri Untan 2017 adalah seleksi yang dilakukan oleh Universitas Tanjungpura menggunakan metode ujian tertulis atau kombinasi ujian tulis dan ujian keterampilan.  Ujian tulis dalam bentuk Paper Based Testing (PBT) dirancang untuk mengukur kemampuan dasar yakni kemampuan penalaran tingkat tinggi yang meliuti potensi akademik, penguasaan bidang studi dasar, bidang studi sains dan teknologi (Saintek), dan/atau social humaniora (soshum). Selain mengikuti ujian tulis (PBT) peserta yang memilih program ilmu seni tari dan/atau keolahragaan diwajibkan mengikuti ujian keterampilan.

Informasi Seleksi Mandiri Untan 2017  meliputi ketentuan dan persyaratan umum, tata cara pendaftaran, jenis ujian, kelompok dan materi ujian, pilihan program studi, biaya seleksi, dan jadwal ujian. Secara rinci, informasi lengkap mengenai Seleksi Mandiri Untan 2017  dimuat dalam panduan yang dapat diakses di laman resmi http://scmb.untan.ac.id

 

TUJUAN

Penjaringan  mahasiswa baru melalui pola penerimaan  mahasiswa secara mandiri bertujuan memberikan kesempatan kepada  masyarakat yang memiliki kemampuan mengikuti dan menyelesaikan pendidikan di perguruan tinggi sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

 

PERSYARATAN

Umum

Peserta ujian masuk program kelas pagi, kelas sore dan kelas malam SM Untan harus memenuhi persyaratan sebagai berikut :

  1. Bagi yang memilih program kelas pagi, lulusan SMA/SMK/MA atau yang setara / paket C yang memiliki rapor sampai kelas XII tahun 2015, 2016 dan 2017.
  2. Bagi yang memilih program kelas sore dan malam tahun kelulusan tidak dibatasi kecuali program studi Sistem Komputer, Farmasi dan Keperawatan tahun 2014 sampai tahun 2017.
  3. Memiliki kesehatan yang memadai sehingga tidak mengganggu kelancaran proses belajar mengajar di perguruan tinggi

Khusus

  1. Peserta hanya boleh memilih dua program studi pada setiap kelompok ujian yang sama, yaitu dari Program Reguler atau Program Percepatan APK PT.
  2. Bagi peserta yang memilih Program Studi Pendidikan Jasmani,Kesehatan dan Rekreasi dan Program Studi Kepelatihan Olahraga tinggi badan minimal 155 cm untuk wanita dan minimal 160 cm untuk pria.
  3. Bagi peserta yang memilih Program Studi Keperawatan, tinggi badan minimal 150 cm untuk wanita dan minimal 155 cm untuk pria.
  4. Bagi peserta yang memilih Program Studi Pendidikan Dokter diwajibkan mengikuti tes psikologi dan tes kesehatan setelah ujian tulis dilaksanakan.

 

BIAYA SELEKSI UJIAN

  1. Biaya mengikuti ujian sebesar Rp 200.000,- (Dua Ratus Ribu Rupiah)
  2. Bagi peserta yang memilih Program Studi Penjaskes, Program Studi Seni Tari dan Musik, dan Program Studi Kepelatihan Olahraga wajib membayar biaya ujian keterampilan sebesar Rp 200.000,- (Dua Ratus Ribu Rupiah)
  3. Biaya Seleksi dapat dibayarkan melalui bank Kalbar
  4. Biaya seleksi yang sudah dibayarkan tidak dapat ditarik kembali dengan alasan apapun.

 

WAKTU PENDAFTARAN

Pendaftaran dilakukan secara online, mulai tanggal 13 Juni 2017 pada pukul 08.00 WIB sampai dengan tanggal 05 Juli  2017 dan tata cara pendaftaran secara lengkap dapat dilihat pada laman http://scmb.untan.ac.id.

 

TATA CARA PENDAFTARAN

  1. Calon Mahasiswa melakukan pendaftaran pada website http://scmb.untan.ac.id untuk mendapatkan KAP dan PIN peserta tes mandiri.
  2. Calon Mahasiswa kemudian melakukan pembayaran pada bank Kalbar dengan menunjukan KAP dan PIN peserta test mandiri tersebut.
  3. Teller menerima uang pembayaran dan mamastikan transaksi kedalam sistem HosttoHost (exTeller).
  4. Teller selanjutnya mencetak bukti transaksi pembayaran dan menyerahkan bukti tersebut bersama dengan bukti KAP dan PIN kepada calon peserta test mandiri.
  5. Calon mahasiswa selanjutnya melengkapi biodata dan mencetak KARTU PESERTA TEST MANDIRI secara online pada website http://scmb.untan.ac.id dengan menggunakan KAP dan PIN yang telah diberikan.

 

JENIS UJIAN

  • Ujian Tertulis (PBT)

Materi Ujian Tertulis terdiri atas:

  1. Tes Kemampuan Skolastik dan Potensi Akademik (TKPA).
  2. Tes Kemampuan Dasar Sains dan Teknologi (TKD Saintek) terdiri atas mata uji Matematika, Biologi, Kimia, dan Fisika.
  3. Tes Kemampuan Dasar Sosial dan Humaniora (TKD Soshum) terdiri atas mata uji Sosiologi, Sejarah, Geografi, Ekonomi dan PendidikanKewarganegaraan.
  • Ujian Keterampilan

Ketentuan Ujian Keterampilan sebagai berikut.

  1. Ujian Keterampilan diperuntukkan bagi peminat program studi bidang Ilmu Seni dan Keolahragaan.
  2. Ujian Keterampilan bidang Ilmu Seni terdiri atas tes pengetahuan dan keterampilan bidang Ilmu Seni terkait.
  3. Ujian Keterampilan bidang Ilmu Keolahragaan  terdiri atas pemeriksaan kesehatan dan tes keterampilan motorik.

 

JADWAL UJIAN

Hari dan

Tanggal

Pukul

Kegiatan

Rabu,

12 Juli 2017

07.30-08.30

08.00-09.45

Pengisian Identitas Peserta

Tes Kemampuan Skolastik / TKPA

  09.45-10.15

Istirahat

10.15-12.00

10.15-11.30

Tes Kemampuan Saintek

Tes Kemampuan Soshum

 

 

PENGUMUMAN HASIL UJIAN TERTULIS

Hasil seleksi Mandiri  diumumkan pada tanggal  25 Juli 2017 melalui media masa dan website Untan dengan alamat http://scmb.untan.ac.id.

 

REGISTRASI BAGI PESERTA YANG DITERIMA

  1. Bagi peserta yang diterima Seleksi Mandiri Untan harus mendaftar (registrasi) di BAK Untan pada tanggal  07 s.d. 11 Agustus 2017
  2. Prosedur dan Tata cara registrasi akan diberitahukan kemudian.

 

(Humas Untan)

30 Komentar

  • permisi mau nnya melengkapi biodata nya itu gimana? saya coba kok no peserta nya dibilang nggak ada

    hary Reply
  • min mau nnya, cara melengkapi biodata nya gimana? kok saya coba nggak bisa

    hary Reply
  • Apakah bagi mahasiswa calon penerima beasiswa birokrasi yg tidak lulus simpan tetap melakukan pembayaran uang 200 ribu jika mendaftarkan diri di seleksi mandiri?

    Irvan Reply
  • maaf sebelumnya saya udah cetak kap dan pin , saya memilih jurusan yg ujian sbmptnnya kemarin soshum tetapi kenapa identitas calon peserta test saya dimasukan ke kelompok saintek ? mohon bantuannya

    Dina Triana Reply
  • Maaf mas website pendaftaran mandiri tidak bisa di buka dari chrome android

    Agra Reply
  • website untuk seleksi mandiri kenapa nggak bisa dibuka? kalau dibuka tulisannya “Error establishing a database connection” mohon di jawab soalnya mau daftar nggak bisa bisa

    juwita septiani Reply
  • Hallo, mau numpang nanya, kok web scmb-nya pas dibuka error ya? Trims.

    Sisca Reply
  • kok websitenya error terus, jadi susah mau daftar online

    Admad Suhardi Reply
  • Saya ingin mendaftar untan jalur mandiri. tetapi saat saya buka link scmb.untan.ac.id yang mucul hanyala sebuah tulisan bertulis ”Error establishing a database connection” jadi saya mesti gmn yah? trmakasih

    Nadia Sarisma Reply
  • thank min

    danu Reply
  • Selamat pagi, saya ingin bertanya bagaimana caranya untuk transfer antar bank untuk peserta yang berada di luar kalimantan? Terimakasi.

    Vira Kallista Reply
  • Mohon nanya atmin,kalau sudah daftar tetapi ingin merubah pilihan yg sudah di pilih apa bisa,tak masalahkah kalau ada 2 nomor peserta,trm kasih

    nandi fithra shah Reply
  • scmb nya gak nisa di load lagi ya min? soalnya mau cetak kartu.

    Fransiskus Alvin Yuditio Reply
  • assalamualaikum pak
    mau tanya jalur mandiri gel ke 2 masih adakah

    singgih Reply
  • Admin saya mau bertanya jika salah satu calon mahasiswa lulus di tes mandiri tersebut, apa saja prosedur dan tata cara serta kelengkapan administrasi yang harus dilengkapi oleh calon mahasiswa.??
    Please Fast respon admin. Thanks

    Henur Wiyanto Reply
  • Apakah ad jalur mandiri tahap ke dua

    Mina Reply
  • Udah 2 kali ko saya belum lulus juga

    Hendi Reply
  • Maaf admin saya ingin bertanya untuk penerimaan jalur mandiri gelombang kedua apakah akan diadakan kembali dan jika iya tanggal berapa. Terimakasih

    ella pra Reply
  • Kalau udah lulus mandiri1 bidikmisi nya bisa di gunakan atau tidak? Perlu isi ukt atau cuma biodata online (terimakasih)

    Arianto Reply
  • min gimana cara login data no peserta nya udah benar tapi tgl lahir salah melulu

    Ade ronny junaiedy Reply
  • Selamat pagi, permisi min’ saya mau nanya, kenapa server situs SCMB.UNTAN.AC.ID tidak dapat di buka?, saya mau mengecek pengumuman JALUR MANDIRI ALOKASI 2. Trimakasih

    Kristian Roy Sandy Martins Reply
    • untuk sementara belum ada pengumuman mengenai jalur mandiri 2, jika ada nanti akan diinformasikan, thanks

      Admin Reply
  • mau nanya persyaratan yg harus di bawa pada saat daftar ulang maba sore apa aja ya , permisi min

    ekky Reply
  • Mohon izin mau nanya biaya regestradi mahasiswa baru jalur mandiri Fakultas Hukum th 2017 berapa ya ? Ditunggu jawabannya

    Siti afiah Reply
    • Silahkan ditanyakan langsung ke bagian akademik untan, thanks

      Admin Reply
  • Mohon maaf admin saya mau nanya masih buka kah mandiri 2 di untan

    Lailiyal Adilah Reply
    • Silahkan cek di scmb.untan.ac.id

      Admin Reply

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *