PKKMB Untan Tahun Ini Miliki Karakteristik Sendiri

PKKMB Untan Tahun Ini Miliki Karakteristik Sendiri

Pontianak, thetanjungpuratimes.com – Pembukaan Pengenalan Kehidupan Kampus Mahasiswa Baru pada Senin (28/8) pagi berjalan dengan lancar.

Wakil Rektor III yang menangani bidang kemahasiswaan, Prof Dr Kamarullah SH Mhum, mengatakan PKKMB tahun ini memiliki karakteristik tersendiri, karena menyesuaikan dengan petunjuk dari Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) yang menginstruksikan agar mahasiswa baru diupayakan mengenal lingkungan kampusnya demi kelancaran mereka berkomunikasi dan beradaptasi.

Oleh karena itu pihak Universitas telah menyiapkan materi pokok bagi pelaksanaan PKKMB ini yang diantaranya berkisar pada wawasan nusantara, bela negara, penyalahgunaan narkoba, serta antisipasi paham radikalisme.

“Ini hal pokok yang perlu dibekali kepada mahasiswa baru kita sehingga rasa cinta tanah air dan cinta lingkungan kampus itu akan terwujud,” ujarnya.

Mengenai pelaksanaan kegiatan tersebut, ia menyerahkan kembali hal itu kepada masing-masing fakultas untuk mendesain substansi yang berkaitan dengan keempat materi pokok tersebut.

“Itu nanti kembali pada rancangan dari masing-masing fakultas apakah akan dituangkan dalam bentuk diskusi, kuliah, ataupun kunjungan kerja,” jelasnya.

Sementara itu, Rektor Universitas Tanjungpura, Prof Dr H Thamrin Usman DEA melihat kelancaran pembukaan PKKMB tahun ini sebagai awal yang baik untuk memulai proses pengantaran putra-putri daerah, maupun luar daerah yang baru saja bergabung dengan keluarga besar Untan ini untuk melangkah ke jenjang yang lebih tinggi lagi.

“Tentu saja kami bertujuan untuk menjadikan mereka sebagai Sarjana yang berakhlak mulia, dan mampu berkompetisi di tingkat manapun,” kata Rektor.

Dirinya berpesan kepada mahasiswa baru agar fokus belajar untuk bisa menyelesaikan studi mereka tepat pada waktunya.

“Makin lama anda kuliah, negara dan orang tua anda akan terbebani,” lanjutnya.

Selain itu Rektor juga meminta kepada para mahasiswa baru agar menjauhkan diri mereka dari ancaman-ancaman di luar kampus yang dapat menggagalkan mimpi mereka untuk meraih masa depan gemilang.

20170828_083910-640x480

Foto: Jajaran Rektorat dan Dekan di Untan saat melepas balon yang mewakili masing-masing warna fakultas sebagai tanda dimulainya PKKMB Untan/Imam

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *