Rektor Untan Berikan Motivasi di PKKMB Fakultas MIPA

Rektor Untan Berikan Motivasi di PKKMB Fakultas MIPA

Pontianak, thetanjungpuratimes.com – Rektor Universitas Tanjungpura (Untan), Prof Dr H Thamrin Usman DEA, menghadiri kegiatan Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) bertempat di gedung Anek Untan, pada Selasa (29/8).

Dekan FMIPA Untan, Afghani Jayuska SSi MSi, mengatakan, sengaja mengundang Rektor dalam PKKMB FMIPA ini dengan tujuan untuk memberikan motivasi kepada para maba tentang bagaimana mereka mensukseskan dirinya melalui pendidikan tinggi.

Pada kesempatan ini, Rektor juga memotivasi para maba ini agar mempersiapkan diri mereka mengambil bagian dari perubahan Indonesia pada saat menyentuh usia kemerdekaannya yang ke 100 tahun pada 2045.

“Umur mereka sekarang kan rata-rata 18, tambah 28 tahun umur mereka berada di sekitar 40-an. Itu adalah umur yang matang untuk menjadi seorang pemimpin,” ujar Afghani.

Karena itulah figur Prof Thamrin Usman sebagai seorang Rektor dan pemimpin sejumlah Forum di luar Kampus dijadikan motivasi kepada mahasiswa FMIPA mengingat Rektor juga berasal dari disiplin ilmu yang sama.

“Dengan begitu mereka akan berkomitmen dan bersungguh-sungguh menimba ilmu di MIPA sebagai pilihan menempuh karir bagi masa depan mereka,” lanjutnya.

Dalam memberikan motivasinya, Rektor juga mengantisipasi mahasiswa untuk menjauhi paham-paham yang sesat serta menyesatkan. Menurutnya, pembekalan anti-radikalisme kepada para mahasiswa ini sudah jauh-jauh hari dilakukan oleh Untan lewat kegiatan-kegiatan yang bersifat membangun karakter. Salah satunya adalah melalui program Pendidikan Karakter (Pendikar) Untan bagi seluruh agama yang dianut oleh para mahasiswa.

Hal itu, kata Rektor, digencarkan oleh Untan agar setelah menjadi alumni, mereka dapat menerapkan ilmu pengetahuan yang mereka miliki untuk hal yang baik.

“Contoh bagi Sarjana Kimia, membuat air raksa itu mudah dan banyak manfaatnya. Tetapi akan jadi berbahaya kalau mereka aplikasikan itu disembarang tempat,” jelas Rektor.

Dirinya mencontohkan salah pengaplikasian ilmu tersebut pada kasus yang menimpa Novel Baswedan.

“Kita lihat dari sisi kemanusiaan saja, tidak dari yang lain. Bayangkan kalau itu menimpa kita,” lanjutnya.

Karena itulah dalam PKKMB ini Rektor memberikan motivasi serta materi yang merujuk agar para maba dapat menumbuhkan rasa cinta tanah air, bela negara, serta memahami ketika berada di luar kampus mereka menerima paham yang disinyalir sesat maupun menyesatkan.

Selain Rektor, PKKMB FMIPA ini juga mengundang narasumber dari Kodam, BNN, serta beberpa instansi yang berkaitan dengan materi-materi yang sebelumnya telah disinggung oleh Rektor.

20170829_104006

Foto : Rektor Untan, Prof Dr H Thamrin Usman DEA menerima cinderamata dari Dekan FMIPA, Afghani Jayuska SSi MSi/Imam

 

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *