Study Excursion prodi Teknik Informatika ke Universitas Indonesia dan Industri TIK di Jakarta

Study Excursion prodi Teknik Informatika ke Universitas Indonesia dan Industri TIK di Jakarta

Pelaksanaan pendidikan dan pengajaran adalah proses belajar mengajar, yang dapat dilakukan di dalam kelas dan di luar kelas. Di dalam kelas mahasiswa menerima ilmu pengetahuan dari dosen, sedangkan di luar kelas mahasiswa dapat belajar sendiri, dan dapat melakukan studi kasus di dunia usaha dan industri (DUDI).

Mekanisme pembelajaran studi kasus di lapangan kali ini dilaksanakan berbeda pada Program Studi Informatika yang dinamai Study Excursion, kegiatan kunjungan industri dan instansi serta kunjungan studi pada kampus serumpun di bidang teknologi informasi dengan mengangkat tema “Enhancing Information Technology Competency to Compete Globally”

Daerah yang dituju adalah Jakarta. Dimana selain sebuah ibukota dari Indonesia, Jakarta memiliki beragam pilihan industri. PT. Exabytes Network Indonesia menjadi pilihan. Kunjungan industri ini dirancang dengan menggabungkan kegiatan pembelajaran kelas dan pembelajaran lapangan melalui kunjungan industri. Sehingga dengan adanya kegiatan kunjungan industri ini, peserta memperoleh wawasan terkait implementasi keilmuan guna peningkatan kompetensi dan kualitas peserta didik.

Kegiatan ini juga dirancang dengan konsep wisata, dimana tujuannya memberikan pengalaman kepada peserta hal-hal baru dalam industri dan dunia kerja yang sedang berlangsung melalui kegiatan kunjungan ini secara bersama-sama.

Kunjungan studi dan instansi juga dilakukan di Jakarta, dengan tujuan Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia dan Jakarta Smart City. UI merupakan Universitas dengan reputasi sangat baik dalam melaksanakan pendidikan dan pengajaran serta menghasilkan lulusan yang sangat kompten di bidang teknologi informasi. Sedangkan Jakarta Smart City (JSC) yang berada di Balai Kota DKI Jakarta merupakan sebuah konsep pengelolaan suatu kota dengan pemanfaatan teknologi dalam sebuah sistem terintegrasi.

Kunjungan ini memiliki keterhubungan dengan matakuliah yang sedang berjalan di Program Studi Teknik Informatika semester gasal tahun ajaran 2017/2018 saat ini yaitu Matakuliah Technopreneurship dan Pemrograman Perangkat Bergerak sehingga peserta tidak hanya membayangkan tetapi dapat meilihat contoh nyata dalam
merelealisasikan ilmu dan Kompetensi yang mereka dapatkan dan mereka miliki selama di bangku kuliah.

Kunjungan ini dibimbing oleh dua dosen yaitu Helen Sasty Pratiwi.,S.T.,M.Eng dan Enda Esyudha, S.T., M.T selaku pengampu matakuliah terkait. Kunjungan semacam ini menjadi pencetus dalam Prodi Informatika untuk kunjungan-kunjungan berikutnya.

tif3

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *