Tausyiah Kebangsaan untuk Mahasiswa Universitas Tanjungpura

Tausyiah Kebangsaan untuk Mahasiswa Universitas Tanjungpura

Universitas Tanjungpura menggelar Tausyiah Kebangsaan bagi seluruh mahasiswa muslimnya di Masjid Raya Mujahidin pada Sabtu (4/11). Tausyiah ini merupakan bagian dari penguatan Pendidikan Karalcter mahasiswa Untan berbasis agama Islam yang diperuntukkan bagi mahasiswa semester awal.
Dalam kesempatan ini, Untan mendatangkan pemateri yang juga merupakan seorang tokoh nasional, Ir H M Ftohmahurmuziy MT. Secara garis besat; dirinya menyampaikan lima syarat untuk menjadikan Indonesia sebagai bangsa beragama Islam yang unggul.
“Lima syarat inilah yang saya berikan kepada adek-adek mahaiswa supaya mereka bisa membangun kataktemya agar menjadikan Indonesia sebagai bangsa muslim yang unggul,” katanya.
Adapun lima syarat itu adalah beriman kepada Allah dan beramal ma’ruf nahi munkat; menguasai semua ilmu baik itu dunia maupun akhitat, menyeimbangkan urusan dunia dan akhitat, menjaga persatuan antar sesama muslim, dan menjadi bangsa yang peka terhadap pedoembangan zaman dan teknologi tanpa harus meninggalkan ttadisi.
Sementata itu Rektor Untan, Prof Dr H Thamdn Usman DEA, mengatakan, pembekalan pendidikan katakter semacam ini penting untuk dilakukan mengingat generasi sekarang ini adalah genemsi milenia yang nantinya akan menjadi pemimpin Indonesia kedepannya.
“Apa gunanya jika mereka pintar tapi krisis moral. Kita ingin ada keseimbangan yang mereka lakukan di dua hal, jaya di dunia maupun di akhirat,” kata Rektor.
Rektor juga memuji respon dari mahasiswa dengan mampu menggelontorkan pertanyaan yang cerdas kepada narasumber dalam sesi tanya jawab usai membedkan penjelasan materi. Dirinya berharap kegiatan semacam ini dapat terus dilaksanakan oleh Untan dengan mendatangkan natasumber berkompeten yang lainnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *