Untan Raih Excellent Paper Award pada 2017 The World Bank-Asia Competitiveness Institute Annual Conference di Singapura

Untan Raih Excellent Paper Award pada 2017 The World Bank-Asia Competitiveness Institute Annual Conference di Singapura

Universitas Tanjungpura meraih predikat “Excellent Paper” pada “2017 The World Bank Group – Asia Competitiveness Institute Annual Conference on Infrastructure Development for Economic Competitiveness,” yang diselenggarakan di National University of Singapore pada 24 November 2017. Asia Competitiveness Institute (ACI) adalah lembaga riset di bawah Lee Kuan Yew School of Public Policy – National University of Singapore yang setiap tahun melakukan kajian tentang daya saing di Indonesia, India, dan China.

Nurul Bariyah, Ph.D. yang mewakili Universitas Tanjungpura pada konferensi tersebut terpilih untuk menyampaikan makalah dengan judul “Assessing Contemporaneous Developments in West Kalimantan Province, 2015-2017: A Critique”, bersama dengan 5 presenter lainnya mewakili enam wilayah di Indonesia yaitu Sumatera, Kalimantan, Jawa, Sulawesi, Bali-Nusa Tenggara, dan Maluku-Papua. Keenam presenter yang terpilih mendapat Sertifikat Penghargaan dan tropi sebagai Excellent Paper dari ACI-Lee Kuan Yew School of Public Policy-National University of Singapore. Hadir sebagai tamu kehormatan sekaligus menyerahkan sertifikat dan tropi adalah Gubernur Jawa Timur, Gubernur Lampung, dan Gubernur Sulawesi Selatan.

Prestasi ini merupakan salah satu indikator keberhasilan Universitas Tanjungpura dalam strateginya untuk internasionalisasi institusi. Upaya-upaya yang dilakukan oleh universitas agar mampu bersaing di tingkat internasional terus ditingkatkan dan didorong sepenuhnya oleh pimpinan universitas. Selain suksesnya makalah yang disampaikan oleh dosen dari Fakultas Ekonomi dan Bisnis ini, pihak Rekorat yakin bahwa sukses-sukses yang lain pada segala upaya yang telah dikerahkan dapat terwujud. Prestasi yang diukir pada konferensi yang diselenggarakan oleh ACI-Lee Kuan Yew School of Public Policy-National University of Singapore ini diharapkan dapat menjadi pelecut semangat bagi civitas akademika yang lain agar mampu berkarya di pentas internasional.

Makalah yang dipresentasikan pada konferensi tersebut akan menjadi bagian dari publikasi ACI pada Tahun 2018 yang berjudul “Commentaries on Recent Developments in 34 Indonesian Provinces, 2015-2017”. Perwakilan Universitas Tanjungpura pada kesempatan tersebut menyajikan pandangan tentang keadaan perekonomian, kondisi dan perkembangan sosial, kebijakan Pemerintah Propinsi, dan situasi politik di Kalimantan Barat.

Kajian mengenai daya saing penting artinya bagi pembangunan Kalimantan Barat di masa yang akan datang. Tema konferensi pada tahun ini sangat relevan dengan kondisi Kalimantan Barat yang menekankan pada pembangunan infrastruktur di samping terus meningkatkan sumberdaya manusianya untuk menghadapi persaingan global yang semakin ketat. Kebijakan pemerintah yang efektif menjadi kata kunci dalam upaya percepatan pembangunan Kalimantan Barat.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *