Untan Selenggarakan Seminar Pengelolaan Alam Yang Beretika

Untan Selenggarakan Seminar Pengelolaan Alam Yang Beretika

Foto : Para Narasumber dan Moderator diskusi panel seminar sehari peringatan hari lingkungan hidup sedunia Universitas Tanjungpura/Imam

 

Pontianak, thetanjungpuratimes.com – Dalam rangka memperingati hari lingkungan hidup sedunia, Universitas Tanjungpura Pontianak melalui Pusat Penelitian Lingkungan Hidup (PPLH) menyelenggarakan Seminar Sehari dengan tema Pengelolaan Alam Yang Beretika di aula pertemuan lantai 3 gedung Rektorat Untan, Senin (5/6) pagi. Seminar ini dihadiri oleh 200 peserta yang berasal dari unsur pemerintah, swasta, akademisi dan NGO di bidang lingkungan hidup.

Kegiatan seminar sehari ini bertujuan memberikan informasi pada masyarakat tentang pengelolaan dan kebijakan lingkungan, meningkatkan kreativitas dan mendorong masyarakat agar lebih aktif menjaga lingkungan, menyadarkan masyarakat bahwa manusia sangat bergantung dengan kelestarian alam dan lingkungan hidup, dan membangun hubungan baik antara pihak-pihak terkait seperti pemerintah, pengusaha, dan perguruan tinggi dalam pengelolaan lingkungan hidup yang ada di Kalimantan Barat.

Setelah dibuka oleh Ketua PPLH Untan, Ir Endang Mulyani MT, seminar dilanjutkan dengan diskusi panel yang dimoderatori oleh Dr Ir Gusti Zulkifli Mulki DEA. Forum diskusi tersebut turut menghadirkan beberapa narasumber antara lain Wakil Wali Kota Pontianak, Edi Rusdi Kamtono yang menyampaikan materi peran model pengelolaan kebijakan lingkungan hidup melalui konsep equator clean and green city di Kota Pontianak, General Manager of Bauxite Mining Business Unit PT Antam, Abdul Hadi Aviciena peran pengelolaan lingkungan alam berbasis sustainable development di Kalimantan Barat, dan Kepala Dinas Perumahan Rakyat, Kawasan Pemukiman dan Lingkungan Hidup Provinsi Kalimantan Barat, Adi Yani, peran arah kebijakan pengelolaan lingkungan hidup di wilayah Kalimantan Barat.

Pemilihan beberapa narasumber diatas dilakukan PPLH sebagai salah satu cara untuk mendapatkan pengetahuan lebih banyak tentang pengelolaan dan kebijakan lingkungan hidup lebih mendalam sesuai dengan keilmuan profesi masing-masing.

Pelaksanaan kegiatan ini menunjukan dukungan Civitas Akademika Universitas Tanjungpura dalam menyokong jargon connecting people to nature atau berhubungan dengan alam yang menjadi tema utama perayaan hari lingkungan hidup 2017. Kalimat tersebut mengingatkan jika setiap penduduk di seluruh dunia sangat bergantung pada alam. Dengan tema ini pula diharapkan dapat menemukan cara yang menarik dan menyenangkan dalam merasakan dan menghargai hubungan antar manusia dengan alam.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *