Untan Sosialisasikan implementasi Aplikasi Sistem Informasi Sumberdaya Terintegrasi (SISTER)

Untan Sosialisasikan implementasi Aplikasi Sistem Informasi Sumberdaya Terintegrasi (SISTER)

Universitas Tanjungpura melakukan sosialisasi terkait implementasi Aplikasi Sistem Informasi Sumberdaya Terintegrasi (SISTER) di Ruang Senat Lantai 3 Rektorat Untan pada Rabu pagi (18 Juli 2018).

Sebelumnya, Ditjen Sumber Daya Iptek Dikti telah memperkenalkan serta memberikan Sosialisasi terkait Aplikasi Sister di Makassar pada Februari 2018.

SISTER yang dibangun oleh Direktorat Jendral Sumberdaya Ilmu Pengetahuan Dan Pendidikan Tinggi Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Ditjen Sumber Daya Iptek Dikti) akan lebih memudahkan Perguruan Tinggi, Dosen dan Tenaga Pendidik (Tendik).

Aplikasi Sister dapat mengakomodasi berbagai bisnis proses yang diperlukan. Melalui Aplikasi tersebut, data dasar yang ada di Pangkalan Data Pendidikan Tinggi ( PD-Dikti ) dapat dilengkapi secara langsung oleh dosen dan Tendik dalam bentuk portofolio yang terkait dengan aktivitas penelitian, publikasi, dan pengabdian pada masyarakat yang dijalankan serta berbagai aktivitas lainnya. Selanjutnya portofolio tersebut dapat digunakan untuk berbagai proses pengembangan karir Dosen dan Tendik.

Sebenarnya berbagai sistem informasi yang digunakan oleh Ditjen Sumber Daya Iptek Dikti untuk mendukung berbagai layanan telah terbangun, antara lain sistem informasi untuk pengelolaan data portofolio, pengajuan penilaian angka kredit, pengusulan Nomor Induk Dosen Nasional (NIDN), Nomor Induk Dosen Khusus (NIDK), Beasiswa, dan proses-proses bisnis lain terkait sumber daya Iptek Dikti.

Namun seluruh sistem informasi tersebut dioperasikan secara parsial (suatu bagian dari keseluruhan) sehingga mengakibatkan rendahnya akurasi data serta cenderung tidak efektif dan efisien. Pada beberapa proses administrasi, pengguna harus memasukkan ulang data-data untuk pengurusan beberapa proses bisnis yang sesungguhnya membutuhkan data dasar dan dokumen yang sama.

Oleh karena itu, Sistem yang baru ini memungkinkan untuk bersinergi melakukan hubungan satu sama lain (Interkoneksi) berbagai sistem informasi proses bisnis, menjamin validitas data serta meningkatkan mutu layanan Ditjen Sumber Daya Iptek Dikti.

Untuk itu, terhitung sejak 1 Juli 2018 bagi dosen yang akan mengajukan penilaian angka kredit (PAK) dan sertifikasi dosen (Serdos) sudah menggunakan aplikasi Sister (Sistem Informasi Sumberdaya Terintegrasi). (Agus)

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *