Upacara Peringatan Hari Pahlawan 2017 di Universitas Tanjungpura

Upacara Peringatan Hari Pahlawan 2017 di Universitas Tanjungpura

Civitas Akademika Untan berkumpul di halaman Rektorat untuk menggelar upacara peringatan Hari Pahlawan pada Jumat (10/11) pagi. Upacara ini dipimpin langsung oleh Rektor Untan, Prof Dr H Thamrin Usman DEA yang bertindak sebagai Pembina Upacara.
Rektor mengatakan, peringatan ini merupakan momen penting untuk mengenang semangat perjuangan yang telah disumbangsihkan oleh para Pahlawan kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia. Dengan mengetahui hal itu, generasi sekarang diharapkan mampu menjaga semangat serta mencontoh apa yang telah dilakukan oleh para Pahlawan terdahulu.
“Tanpa semangat pahlawan, cinta tanah air, bela negara, dan percaya bahwa bangsa kita besar, maka bangsa ini tidak akan disegani oleh bangsa-bangsa yang lain di dunia,” kata Rektor.
Dalam era global sekarang ini, Rektor mengatakan, jika Indonesia sejatinya memerlukan pahlawan di segala lini. Tak hanya berperang melawan ancaman yang datang dari luar saja, tapi juga diterjemahkan dalam perjuangan melawan kemiskinan, ketidakmajuan, serta peduangan dalam hal meyakinkan kepada dunia bahwa bangsa ini merupakan bangsa yang hebat.
Untan sendiri sebagai institusi pendidikan telah memiliki kiat untuk mempersiapkan para generasi muda menjadi pahlawan di berbagai lini tersebut. Secara resmi, ada kurikulum mata kuliah yang mengajarkan tentang hal ini. Tak luput kegiatan ekstrakurikuler para mahasiswa pun dibuat Unit Kegiatan Mahasiswa yang bisa membangkitkan rasa cinta tanah air serta kepercayaan diri sebagai bangsa Indonesia.
“Bangsa ini bisa menguasai teknologi, bisa menguasai banyak hal yang dapat kita berikan sumbangsihnya kepada ibu pertiwi maupun kepada dunia,” pungkasnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *