Wakil Rektor I Untan Pastikan akan Tangkal Paham Radikal di Lingkungan Kampus

Wakil Rektor I Untan Pastikan akan Tangkal Paham Radikal di Lingkungan Kampus

Pontianak, thetanjungpuratimes.com – Wakil Rektor I Universitas Tanjungpura(Untan), Dr. Aswandi memastikan akan menangkal paham radikal yang berusaha mempengaruhi kaum akademisi di lingkungan Untan.

Aswandi menegaskan pihaknya akan terus memantau dan mengawasi setiap aktivitas dari kegiatan yang dilakukan oleh mahasiswa.

“Salah satu upaya kita menangkal radikal di kalangan mahasiswa yaitu dengan cara mengadakan Pendidkan Karakter (Pendikar), jadi mahasiswa pada awal masuk perkuliahan akan dibina dengan sebaik mungkin sesuai agamanya masing-masing,” kata Aswandi saat ditemui di ruang kerjanya, Senin (31/7).

Sebagai antipasi, dirinya menambahkan, pihaknya juga mewaspadai kelompok-kelompok kecil yang terindikasi melakukan sesuatu yang bertentangan dengan agama dan ideologi Pancasila.

Ia juga menyayangkan selama ini umumnya masyarakat Indonesia maupun dunia selalu mengaitkan radikal dengan agama Islam, karena orang yang radikal tidaklah selalu datang dari agama Islam melainkan seluruh agama dan kepercayaan.

Mantan Dekan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Untan ini juga menyoroti hasil penelitian BNPT pada perguruan tinggi di 15 provinsi bahwa 39 persen mahasiswa tertarik radikal.

“Akhir-akhir ini BNPT merilis hasil penelitiannya kalau 39 persen mahasiswa tertarik dengan radikal,” ucapnya.

Ia menjelaskan radikal yang muncul pada kalangan mahasiswa bisa jadi lantaran pembinaan yang salah, dan pengawasan yang lemah dari institusi kampusnya.

Namun sejauh di Untan sendiri belum ada temuan yang menyebutkan mahasiswa radikal. Ia pun berharap agar semua akademisi bisa bebas dari paham tersebut.

Foto: Wakil Rektor Satu Universitas Tanjungpura (Untan), Dr. Aswandi /Agustiandi

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *