BPOM RI dan Untan Lakukan Penandatanganan MoU

BPOM RI dan Untan Lakukan Penandatanganan MoU

Badan Pengawas Obat dan Makanan Republik Indonesia (BPOM RI) dan Universitas Tanjungpura (Untan) menjalin hubungan kerjasama dalam rangka kegiatan pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat untuk meningkatkan efektivitas pengawasan obat dan makanan, dilaksanakan di Gedung Rektorat Lantai Tiga Untan, Senin (18/02/2019) siang.

Penandatanganan nota kesepahaman ini dilakukan oleh Kepala Biro Kerjasama BPOM RI Diana ES Sutikno dan Rektor Untan Prof Dr H Thamrin Usman DEA. Prof Dr H Thamrin Usman DEA Mengapresiasi dan mengucapkan terima kasih atas kepercayaan BPOM RI yang telah melaksanakan MoU bersama Untan dan suatu kesempatan yang baik,

“Ini dapat meningkatkan peran masing-masing baik dari BPOM RI maupun kampus yang tidak hanya pencetak lulusan tetapi ada aspek penelitian dan sebagainya,” jelasnya.

Menurut Thamrin Usman, Pengawasan obat dan makanan menjadi penting karena berpengaruh pada kesiapan Untan dalam menyiapkan generasi milenial kedepan.

“Pertama kita akan memerankan aktif mahasiswa sebagai lapisan yang kedua dari tupoksi baik Untan maupun BPOM dalam hal pengawasan obat dan makanan, dalam hal ini mahasiswa bertindak sebagai early warning atau peringatan awal,” kata Rektor Untan.

Rektor Untan mengatakan, Untan sebagai center of excellence atau pusat riset bisa berperan banyak  untuk pengawasan obat dan makanan.

Thamrin Usman berharap BPOM RI tidak hanya sebagai badan pengawas tapi juga memberikan inisiatif untuk negara mampu dan mandiri dalam hal ketergantungan dengan pihak luar.” Negara kita ini penuh dengan bahan alam dan bahan baku, kenapa tidak suatu saat nanti kita menjadi negara yang mampu menyuplai dan menyediakan bahan aktif yang berasal dari negara ini,” pungkasnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *