Dr Aswandi : Kalau Mau Bangun Bangsa Bangun Dulu Pendidikan

Dr Aswandi : Kalau Mau Bangun Bangsa Bangun Dulu Pendidikan

Foto : Dr Aswandi, Pengamat Pendidikan Untan/Agustiandi

 

Pontianak, thetanjungpuratimes.com – Pengamat Pendidikan Universitas Tanjungpura (Untan)  Dr Aswandi mengatakan, jika ingin membangun bangsa terlebih dahulu yang harus dibenahi adalah aspek pendidikan.

Menurutnya, pendidikan yang berkualitas dan bermutu membutuhkan biaya yang setimpal. Selama ini, lanjutnya, masyarakat Indonesia sudah salah persepsi terkait sekolah gratis.

“Sampai-sampai orang kaya pun tidak mau bayar pendidikan, karena sudah menganggap biaya pendidikan semuanya gratis,” katanya kepada thetanjungpuratimes.com, Jumat (24/2).

Masyarakat harus disadarkan, jika ingin mendapatkan pendidikan yang bermutu memang harus mengeluarkan dana yang setimpal. Namun orang yang tak mampu tetap bisa memiliki hak untuk mendapatkan pendidikan yang berkualitas.

“Yang salah inikan kepada orang-orang yang berduit, kalau membeli motor, beli gelang emas mampu, namun untuk biaya pendidikan susah sekali mengeluarkan uang, karena sudah menganggap sekolah itu gratis,” sebutnya.

Menurutnya, pendidikan itu bukan berarti harus gratis, namun harus adil, yang mampu secara ekonomi diharuskan membayar, namun yang tak mampu harus  digratiskan.

“Kalau saya pendidikan itu harus adil, bukan hanya pendidikan gratis, tapi harus adil, karena pendidikan yang bermutu membutuhkan biaya yang setimpal,” ujar Wakil Rektor Satu Untan ini.

Untuk mendapatkan sumber dana pihak sekolah dibolehkan untuk mencari dana dari pihak ketiga, namun tentu dengan laporan yang akuntabel dan transparan untuk menghindari pungutan liar.

“Jadi dibolehkan menerima sumbangan dan bantuan dari luar, selama mengikuti peraturan kementerian pendidikan dan kebudayaan,” pungkasnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *