Jangkau Seluruh Pelosok Dengan DL-SIBIMA Fakultas Teknik Untan

Jangkau Seluruh Pelosok Dengan DL-SIBIMA Fakultas Teknik Untan

Untuk menjangkau seluruh pelosok tanah air, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat menerapkan fasilitas Distance Learning – Sistem informasi Belajar Intensif Mandiri (DL-SIBIMA). Hal tersebut dijelaskan oleh Rezza Munawir, ST. MT. MMG, Perwakilan Balai Penerapan Teknologi Konstruksi di Fakultas Teknik Universitas Tanjungpura Pontianak (27/11/2018).

Menurut Reza, Distance Learning – Sistem Pembelajaran Intensif Mandiri (DL-SIBIMA) pada Bidang Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat  merupakan sistem pembelajaran mandiri, bersifat inklusif, mudah diakses, murah, cepat dan berkualitas dengan kapasitas maksimal. Menurutnya, pelaksanaan DL-SIBIMA melibatkan banyak pihak, antara lain LPJK, perguruan tinggi, asosiasi dan pemerintah provinsi.

Dalam hal ini Universitas Tanjungpura Fakultas Teknik Khususnya, telah dilaksanakan sejak tahun 2016. Peserta yang lulus DL-SIBIMA akan mendapatkan Sertifikat Pelatihan dengan waktu pembelajaran setara 50 jam(setara dengan 1 tahun pengalaman kerja) Manfaat utama Sertifikat Pelatihan DL-SIBIMA bagi mahasiswa yakni bagi pemilik Sertifikat Kompetensi Keahlian (SKA) Bidang Konstruksi maka mendapatkan Sertifikat DL-SIBIMA memiliki nilai 25 poin SKPK (Satuan Kredit Pengembangan Keprofesian) berguna untuk CPD (Continuing Professional Development) tenaga ahli (Perlem LPJKN no. 13/2014 jo Perlem LPJKN no. 07/2017). Kedua, bagi mahasiswa freshgraduates S1/D4 Sertifikat DL-SIBIMA dapat digunakan untukmengikuti uji kompetensi Ahli Muda tanpa harus magang 1 tahun. (SE Ka. LPJKN no.: 04/SE/LPJK-N/II/2015).

Kemudian bagi calon Sarjana Teknik (S1/D4/D3) Sertifikat DL-SIBIMA dapat digunakan sebagai masukan SKPI (Surat Keterangan Pendamping Ijazah). Menurut salah satu peserta pelatihan Seno, menjelaskan bahwa manfaat SKA itu sendiri, agar tenaga kerja yang ada di Indonesia menjadi lebih terampil dalam klasifkasinya.  “Sehingga mereka dapat bersaing dengan tenaga asing,” ungkapnya.

Fasilitasi  DL-SIBIMA ini sendiri dihadiri dan dibuka oleh Wakil Dekan Bidang Akademik, Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan, Ketua Jurusan Teknik Sipil, Ketua Program Studi Teknik Sipil Universitas Tanjungpura.

Hampir seluruh peserta yang hadir berasal dari Fakultas Teknik Untan (Prodi Teknik Sipil, PWK, Teknik Lingkungan, Arsitektur dan Teknik Kelautan) dan Universitas Panca Bhakti, (Prodi Teknik Sipil) dengan jumlah total peserta sebanyak 235 orang. (Herry Sujaini)

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *