Pengukuhan Guru Besar, Rektor Untan: Hasil Riset Prof Dwi Astiani Penting untuk Pemangku Kebijakan

Pengukuhan Guru Besar, Rektor Untan: Hasil Riset Prof Dwi Astiani Penting untuk Pemangku Kebijakan

Rektor Untan Prof Dr Thamrin Usman DEA mengatakan, ilmu, informasi dan hasil riset yang telah disampaikan oleh Prof Dr Dwi Astiani MSc tentang emisi gambut, sangat ditunggu, tidak hanya di Kalimantan Barat dan Indonesia tetapi juga di seluruh Dunia.

“Hasil riset yang disampaikan oleh Prof Dr Dwi Astiani menjadi informasi yang penting bagi kita, pemangku kebijakan, para pembuat regulasi, pemerhati dan lain sebagainya,” ujarnya.

Menurut Prof Thamrin Usman, saat ini dunia sedang direpotkan dengan emisi gas rumah kaca yaitu CO2, karbon dioksida, dan gas metan.

“Telah ditunjukkan dampak dari deforestasi atau pengundulan hutan, tidak menjaga keseimbangan, habis dipotong ditinggal pergi, yang mestinya di potong dan ditanam kembali, ini dilakukan tetapi tidak serius,” ujarnya.

Prof Thamrin Usman menuturkan, saat ini laju deforestasi dengan laju reboisasi itu tidak seimbang yang mengakibatkan alam marah.

“Saat ini saudara-saudara kita di Sumatera Barat diberi air yang berlebihan, yaitu banjir, karena tidak ada yang bisa menahan lagi, karena hutannya sudah gundul. Negara kita yang sedang berkembang dengan diberi kelimpahan berupa kekayaan alam tentu kita jaga dengan baik. Perlu kita eksploitasi dengan rasional sehingga keseimbangan ini tentu saja akan terjadi,” tuturnya.

Prof Dr Thamrin Usman juga memberikan selamat kepada Prof Dr Dwi Astiani MSc yang telah dikukuhkan sebagai Guru Besar di Fakultas Kehutanan Untan.

“Atas nama civitas akademika dan seluruh senat Universitas Tanjungpura mengucapkan selamat kepada Prof Dr Dwi Astiani MSc yang telah dikukuhkan sebagai Guru Besar Bidang Ilmu Manajemen Hutan Fakutas Kehutanan Untan,” pungkasnya. (Humas Untan/Kurniadi)

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *