Prodi Informatika Untan Lakukan Pengabdian Masyarakat di Desa Pelapis

Prodi Informatika Untan Lakukan Pengabdian Masyarakat di Desa Pelapis

Program Studi Informatika Fakultas Teknik Untan (Universitas Tanjungpura), melaksanakan kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) di Desa Pelapis Kecamatan Kepulauan Karimata Kabupaten Kayong Utara. Kegiatan PKM ini merupakan kegiatan rutin Prodi Informatika Untan sebagai bagian dari Tri Dharma Perguruan Tinggi. Pada tahun 2018, Desa Pelapis terpilih sebagai salah satu tempat pelaksanaan PKM, yang dilaksanakan pada tanggal 29-30 November 2018. Adapun sebelum ke Desa Pelapis, Prodi Informatika Untan juga melaksanakan PKM di Kecamatan Sukadana pada tanggal 28 November 2018.

Kegiatan PKM Prodi Informatika Untan di Desa Pelapis mengusung dua kegiatan yaitu: (1) Seminar Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi Bagi Masyarakat, dan (2) Pelatihan Keterampilan Dasar Komputer Bagi Siswa. Lokasi kegiatan berlangsung di Aula Kantor Camat Kepulauan Karimata yang berada di Dusun Raya Desa Pelapis.

Kepala Seksi Pemerintahan (Kasipem) Kantor Camat Kepulauan Karimata, Ibu Lidiawati, S.Sos yang mewakili Camat, menyampaikan apresiasi kepada Prodi Informatika Untan, karena telah berkenan hadir ditengah-tengah masyarakat Desa Pelapuis yang merupakan daerah terluar dari Kabupaten Kayong Utara. “Kami sangat berterimakasih sekali kepada bapak-bapak Dosen dari Fakultas Teknik Untan dan para mahasiswa yang telah berkenan hadir di Pulau ini, jauh dari keramaian, dan mau berbagi kepada masyarakat di Desa Pelapis. Semoga kegiatan seminar dan pelatihan ini memberikan manfaat bagi masyarakat dan siswa SDN 7 Pelapis” dalam sambutannya.

Hal senada disampaikan oleh Kepala Sekolah SDN 7 Pelapis Bpk Hamsah berharap peserta didiknya dapat menimba ilmu sebanyak-banyaknya dari bapak-bapak dosen dan mahasiswa. “Semoga kelak anak-anak dari Desa Pelapis ini ada yang mampu terus berjuang hingga menjadi mahasiswa seperti abang-abang di belakang sana, dan meraih gelar sarjana serta kembali ke desa untuk membangun desa ini” sambungnya.

Kepala Seksi Pemerintahan Desa Pelapis, Kasmanto yang mewakili Kepala Desa Pelapis, juga berharap kegiatan seminar ini memberikan dampak yang besar bagi masyarakat, terutama dalam pemanfaatan teknologi informasi.

“Kami sebetulnya sudah ada wacana untuk membangun website desa, sebagaimana tadi dipaparkan bahwa desa kami memang sangat membutuhkan web desa untuk publikasi kegiatan desa, baik aktivitas keseharian maupun profil desa terutama pariwisata agar Pelapis ini terus dikenal sampai ke dunia. Saat ini desa sudah menganggarkan untuk internet, meskipun masih terbatas, upaya ini sudah dimulai untuk menerapkan teknologi informasi di desa” terangnya.

Dalam sambutan sekaligus penyampaian materi seminar, Ketua Prodi Informatika Untan Novi Safriadi, S.T., M.T. menyampaikan, kegiatan ini akan menjadi awal kegiatan Prodi Informatika Untan di Desa Pelapis.

“InsyaAllah tahun 2019 kita akan bawa 60-80 mahasiswa untuk KKN di sini”. Novi juga menerangkan bahwa kegiatan PKM Dosen dan KKN (saat ini disebut PMKM Mandiri-red) dilakukan berkesinambungan, dimana sama-sama mengusung tema Bina Desa. “Kita akan terus lakukan kegiatan berkesinambungan ini yang melibatkan Dosen dan Mahasiswa, dalam program Bina Desa. Sama dengan tahun-tahun sebelumnya Bina Desa bertujuan memberikan kontirbusi kepada masyarakat desa dari segi pemanfaatan teknologi informasi” terangnya.

Ketua Prodi yang juga lulusan Fakultas Teknik Untan ini berjanji akan membuatkan website Desa Pelapis secepatnya setelah tiba di Sukadana nanti.

“Akan saya buatkan segera, nanti sampai di Sukadana kita langsung develop website Desa Pelapis dan akan infokan kepada Pak Kasmanto link websitenya.” demikian janjinya.

Dalam Kegiatan pelatihan komputer bagi siswa, dimana siswa-siswi SDN 7 Pelapis yang berjumlah 37 siswa ini dibagi dalam 5 kelompok, masing-masing kelompok dibimbing oleh satu orang mahasiswa informatika. Dalam pelatihan ini, siswa dikenalkan dengan perangkat komputer berupa Laptop, kemudian cara menyalakan serta mematikannya. Dalam pemberian materi dasar komputer, siswa diajarkan penggunaan Microsoft Office Word untuk menulis biodata mereka masing-masing, kemudian menambahkan foto mereka dengan menggunakan webcamera pada laptop. Banyak hal lain yang diajarkan kepada siswa, misalnya cara memutar lagu dan video, serta mengajak siswa bermain game dengna komputer. Dan pada akhirnya siswa sangat tertarik dan ingin terus berlatih menggunakan komputer, dengan semangatnya mereka minta diajari oleh abang-abang mahasiswa. Semoga adek-adek siswa SDN 7 Pelapis ini memperoleh manfaat dari pelatihan ini. (Herry Sujaini)

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *