Program Studi Informatika Untan Selenggarakan PMKM Bina Desa 2019

Program Studi Informatika Untan Selenggarakan PMKM Bina Desa 2019

Sebanyak 79 mahasiswa dari program studi Informatika Untan (Universitas Tanjungpura) melakukan kegiatan Pengabdian Mahasiswa Kepada Masyarakat (PMKM) Bina Desa 2019 yang berlokasi di desa Tanah Hitam, Matang Danau, dan Mentibar, kecamatan Paloh, kabupaten Sambas. Kegiatan yang diadakan selama 15 hari sejak tanggal 17 Januari 2019 hingga 31 Januari 2019 merupakan kegiatan tahunan yang rutin diadakan oleh program studi Informatika Untan sebagai salah satu bentuk pengamalan dari Tri Dharma Perguruan Tinggi.

PMKM Bina Desa 2019 bertemakan “Edukasi Masyarakat Desa tentang Pemanfaatan Teknologi Informasi yang Tepat, Guna Memperkenalkan Potensi Desa” memiliki tujuan yaitu membantu mengembangkan kecerdasan, keterampilan, dan kinerja masyarakat desa dalam memperkenalkan potensi desa secara efektif dan efisien menggunakan teknologi informasi. Tujuan ini sekaligus sebagai bentuk implementasi nyata dari ilmu yang didapatkan mahasiswa di bangku kuliah, sehingga penerapan ilmunya dapat dilakukan sedini mungkin.

Dibuka secara resmi oleh wakil bupati Sambas, Hj. Hairiah, S.H., M.H., pada acara pembukaan yang dilaksanakan pada Jumat, 18 Januari 2019, beliau mengapresiasi dengan penuh semangat kegiatan PMKM Bina Desa 2019 dan berpesan agar mahasiswa yang mengikuti kegiatan ini dapat tetap betah di Sambas, khususnya di desa Tanah Hitam. Tak lupa juga ia mengatakan untuk selalu menjunjung tinggi adat istiadat setempat agar dapat diterima dengan baik oleh masyarakat. Selain itu, beliau juga berharap agar kegiatan ini dapat terus diadakan dari waktu ke waktu, sebagai dukungan berkesinambungan mahasiswa terhadap kemajuan masyarakat, terutama di bidang Iptek yang merupakan inti dari disiplin ilmu bidang Informatika.

Adapun dalam periode kurang lebih 2 minggu ini, terdapat beberapa program kerja yang telah dirancang dan diaplikasikan dengan baik, yaitu pembangunan web profil untuk desa Tanah Hitam, desa Mentibar, dan desa Matang Danau, pembuatan plang nama dusun di desa Tanah Hitam, sosialisasi program studi Informatika Untan dilanjutkan pelatihan dan perlombaan pembuatan web dasar kepada siswa SMAN 1 Paloh dan SMKN 1 Paloh, pembuatan plakat sebagai cenderamata yang diberikan kepada perwakilan instansi terkait, pembuatan tempat sampah yang diserahkan kepada pihak desa Tanah Hitam, serta pembangunan 2 buah gapura sebagai penanda batas desa, yaitu batas antara desa Tanah Hitam dengan desa Mentibar, dan batas antara desa Mentibar dengan desa Malek.

Selain itu, mahasiswa yang terlibat juga melakukan bakti sosial kepada sembilan tempat ibadah yang berada di sekitar base camp PMKM Bina Desa 2019. Adapun rumah ibadah tersebut meliputi Masjid Nurul Iman, Mushola Al-Hikmah, Surau Al-Muhajirin, Surau Al-Ikhlas, Masjid At-Taqwa, Surau Babus Salam, Masjid Baitul Huda, Gereja Katolik St. Benediktus Stasi Sekura, dan Gereja Santapan Rohani Indonesia Pos PI Tanah Hitam.

Kegiatan ini juga didukung oleh Ayani Mega Mall Pontianak, Bank Kalbar, Buluh Cawang Plantations, World Wildlife Foundation (WWF) Indonesia, dan Liga Futsal Teknik Informatika (LFTI) sebagai bentuk apresiasi pihak ketiga terhadap rangkaian acara PMKM Bina Desa 2019.

Sebagai penutup rangkaian acara, diadakan acara ramah tamah pada hari Selasa, 29 Januari 2019, dengan mengundang perangkat desa yang terkait, serta masyarakat setempat yang sangat membantu dalam menyukseskan acara ini. Camat Paloh, Drs. Suhaimi, menyampaikan harapannya agar kegiatan PMKM Bina Desa tidak berhenti sampai disini dan terus dibuat berkelanjutan, sehingga ilmu yang dibagikan senantiasa bermanfaat bagi masyarakat sekitar, dan tentunya menjadi ladang amal bagi mahasiswa yang telah ambil bagian dalam kegiatan ini. Pada kesempatan ini pula, mahasiswa memaparkan hasil dari kegiatan yang telah dikerjakan selama 2 minggu di desa Tanah Hitam, Mentibar, dan Matang Danau, diantaranya adalah presentasi web profil desa, pemutaran aftermovie dan penyerahan plakat kepada perangkat desa terkait serta penyerahan hadiah kepada para pemenang lomba, yang diakhiri dengan sesi foto bersama masyarakat dan mahasiswa.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *