PSDIE FEB Untan Bedah Buku Hujan Emas di Negeri Orang

PSDIE FEB Untan Bedah Buku Hujan Emas di Negeri Orang

Program Studi Doktor Ilmu Ekonomi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Tanjungpura (PSDIE FEB Untan) melaksanakan kegiatan akhir tahun berupa Bedah Buku. Buku yang dibahas berjudul Hujan Emas di Negeri Orang: Fakta dan Cita Pekerja Indonesia di Malaysia karya dosen senior di FEB Untan, Dr. Fariastuti Djafar (28/11/2018).

Buku ini mengeksplorasi apa dan siapa pekerja Indonesia, yang sering dibungkus dengan istilah Tenaga Kerja Indonesia (TKI), dorongan yang melatari pilihan mereka bekerja di Malaysia, pekerjaan yang dilakoninya, dan kehidupan sebagai pekerja asing di negeri orang. Penelitian yang menjadi dasar penulisan buku ini menggunakan data sekunder dan primer. Data primer dikumpulkan melalui wawancara terstruktur, wawancara mendalam dan observasi di Kuala Lumpur, Selangor, Kuching dan Kapit, Malaysia.

Buku tersebut mendapat apresiasi sekaligus beberapa masukan dari tiga orang pembahas yang dihadirkan dalam kegiatan tersebut yaitu: Konsulat Malaysia di Pontianak, Mohiuddin Ghazali; Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Provinsi Kalbar, Sri Jumiadatin serta Ketua Program Studi Doktor Ilmu Ekonomi, Dr. Meiran Panggabean.

(Herry Sujaini)

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *