Raih Peringkat 3, Tim KRPAI Untan Melaju Ke Kompetisi Robot Nasional 21 Mei 2017 154

Raih Peringkat 3, Tim KRPAI Untan Melaju Ke Kompetisi Robot Nasional 21 Mei 2017 154

Foto: Tim KRPAI Robot Pemadam Api untan yang meraih peringkat ke 3/Istimewa

 

Pontianak, thetanjungpuratimes.com – Tim KRPAI Robot Pemadam Api untan meraih peringkat ketiga dalam kompetisi robot seleksi tahap ketiga di Universitas Telkom Bandung yang digelar pada 18 – 20 Mei 2017.

Pembimbimbing Tim KRPAI Robot Pemadam Api Untan, Syaifurrahman bersyukur bisa meraih tempat ketiga hingga bisa maju ke tingkat nasional.

“Alhamdulillah berhasil meraih peringkat ketiga dalam kompetisi robot seleksi tahap ketiga di regional kedua. Dengan ini juga tim otomatis lolos ke kompetisi robot tingkat nasional yang akan diadakan di Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) Bandung tanggal 6-8 Juli nanti,” ucap Syaifurrahman.

Penilaian pertama dari kelayakan Robot peserta adalah dapat dihidupkan dengan alat yang disiapkan oleh panitia. Apabila dalam tahap tersebut robot tidak dapat dihidupkan maka otomatis tim akan gugur.

Dalam perjalanannya, Robot Pemadam Untan melewati 3 sesi bertanding dengan kriteria utama robot dapat mendeteksi dan memadamkan api. Namun ada juga kriteria lain yang dapat menjadi poin penilaian seperti robot bisa keluar dari ruangan dan dapat menghindari objek atau benda-benda yang menghalanginya.

Sesi pertama dan kedua robot pemadam api Untan dapat memadamkan api. Namun pada saat sesi ketiga api yang dinyalakan oleh lilin kurang besar sehingga tidak dapat dideteksi oleh robot. Meskipun begitu, dalam sesi ini robot pemadam api Untan berhasil mendulang poin dari kriteria penilaian lain.

Hasil penilaian ketiga sesi ini digabungkan hingga diumumkanlah pemenang pertama dari Universitas Telkom Bandung, Juara kedua Politeknik Negeri Bandung, dan Juara ketiga diraih oleh Universitas Tanjungpura Pontianak.

Syaifurrahman menilai kompetisi ini sangat baik untuk menambah ilmu pengetahuan, serta menumbuhkan minat mahasiswa fakultas teknik terutama di bidang robotika.

Ia juga berharap tim KRPAI Robot Pemadam Api Untan dapat memenangkan kompetisi nasional mendatang agar dapat mewakili Indonesia di Kompetisi Robot Internasional.

Dalam kompetisi bergensi tersebut, Universitas Tanjungpura  menurunkan 2 tim dalam seleksi ketiga regional 2 kompetisi robot ini yaitu robot pemadam api dan robot sepak bola. Untuk Tim KRSBI, Robot Sepak Bola Untan sempat menjadi juara grup.

“Namun mereka disingkirkan oleh Universitas Indonesia (UI) dengan skor tipis 1-0 di perempat final. UI kemudian menjadi juara pertama dalam kompetisi robot sepak bola tersebut,” pungkasnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *