Rektor Untan Kukuhkan Prof. Dr. Ir. Denah Suswati Sebagai Guru Besar Fakultas Pertanian

Rektor Untan Kukuhkan Prof. Dr. Ir. Denah Suswati Sebagai Guru Besar Fakultas Pertanian

Universitas Tanjungpura (Untan) menggelar Sidang Terbuka Senat dalam rangka Pengukuhan Guru Besar Fakultas Pertanian Untan Prof. Dr. Ir. Denah Suswati, M.P, yang dipimpin langsung oleh Rektor Universitas Tanjungpura Prof. Dr. H. Thamrin Usman DEA, berlangsung di Gedung Auditorium Untan, pada Selasa pagi (7/8/2018)

Prof. Dr. Ir. Denah Suswati, M.P menyampaikan orasi ilmiah yang berjudul Peranan Lumpur Laut Dalam Memperbaiki Kelas Kesesuaian Lahan Gambut Untuk Meningkatkan Produksi Pertanian Secara Berkelanjutan.

Prof. Denah Suswati mengatakan, lumpur laut bisa mengganti kapur, meningkatkan PH tanah gambut dan meningkatkan kejenuhan basa tanah, sehingga tanah akan menjadi subur dan siap untuk ditanami tanaman pertanian.
Pengukuhkan Prof. Dr. Ir. Denah Suswati Sebagai Guru Besar Fakultas Pertanian
“Lahan gambut memiliki tingkat keasaman yang tinggi sehingga bisa meningkatkan PH supaya bisa ditanami tanaman, itu menggunakan kapur pertanian, biasanya dolomit ataupun  kalsit, kapur pertanian ini biasanya sulit didapat di lokasi, harganya relatif mahal dan didatangkan dari pulau jawa, sehingga kita perlu mencari alternatif lain yaitu lumpur laut,” jelasnya.

Prof Denah Suswati menjelaskan, semua tanaman pertanian bisa ditanami karena lumpur laut mengandung unsur hara dan bisa memperbaiki sifat fisika tanah.

“Untuk lahan gambut sifat fisika tanahnya kurang baik untuk ditanami tanaman, misalnya porositasnya tinggi sehingga apabila kita memberikan pupuk ke tanah gambut maka pupuk itu akan hilang karena terkikis dengan memberikan lumpur laut sebagai tanah mineral maka bisa diperbaiki,” ujarnya.

Ia berharap dengan riset yang telah dilakukan ini bisa disebarkan ke masyarakat luas.” petani-petani yang ada dilahan gambut bisa menggunakan metode lumpur laut ini, selain tidak merusak lingkungan, murah, dan mudah didapat, berbeda dengan menggunakan kapur dapat mengakibatkan tanah akan menjadi keras”, tegasnya

Sebagai Dekan terpilih Fakultas Pertanian periode 2018-2022 Prof. Dr. Ir. Denah Suswati, M.P mengatakan, Fakultas Pertanian Untan harus mempunyai sumber-sumber bisnis selain pengabdian kepada masyarakat.

“Fakultas Pertanian Untan akan melakukan bisnis dibidang peningkatan produktifitas lahan gambut yang masih banyak tersebar di Kalimantan Barat yang penerapan teknologi masih rendah”, ungkapnya.

Rektor Untan Prof Dr H Thamrin Usman DEA mengucapkan selamat kepada Prof. Dr. Ir. Denah Suswati, M.P yang telah menjadi Guru besar di Fakultas Pertanian Universitas Tanjungpura.

“Atas nama pimpinan dan civitas akademika Universitas Tanjungpura mengucapkan selamat kepada Prof. Dr. Ir. Denah Suswati, M.P yang telah dikukuhkan menjadi guru besar di bidang pertanian,” tutur Prof Thamrin.

Prof Tharim Usman mengatakan, riset panjang yang dilakukan oleh Prof Denah Suswati sangat penting yang dinanti-nanti oleh masyarakat di Kalimantan Barat khususnya masyarakat pertanian.

“Status Untan dari Satker menjadi BLU, maka hasil riset ini menjadi menarik dari sisi ekonomi dan income generator yang sangat potensial, segera menyiapkan diri untuk industrialisasi dan komersialisasi dari hasil riset ini,” kata Rektor Untan. (Ikur)

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *