Serunya 5 Finalis Pontianak Berbagi Pengalaman Ikuti IndonesiaNEXT 2018

Serunya 5 Finalis Pontianak Berbagi Pengalaman Ikuti IndonesiaNEXT 2018

Pada tanggal 14 Februari 2018 Telkomsel telah mengumumkan 10 peserta terbaik IndonesiaNEXT 2018 yang terpilih menjadi peserta terbaik nasional. Para pemenang tersebut berkesempatan mendapatkan short course di perguruan tinggi dan beberapa perusahaan profesional ternama di Tokyo, Jepang. Salah satu dari 10 peserta terbaik IndonesiaNEXT 2018 merupakan mahasiswi dari Pontianak, yaitu Vivi Yunika (Universitas Tanjungpura).

Selain Vivi Yunika, dari Pontianak ada 4 peserta lainnya yaitu Sherly Meliani (Politeknik Tonggak Equator), Brenda Septiana (Universitas Tanjungpura), Stella Pramudya Fajrini (Universitas Tanjungpura), dan Cintya (Universitas Tanjungpura) yang masuk dalam 32 besar nasional dan berkesempatan mendapatkan short course di Singapura.

Kelima finalis dari Pontianak ini berbagi pengalaman serunya mengikuti proses IndonesiaNEXT 2018 kepada awak media Pontianak didampingi Management Telkomsel Regional Kalimantan pada hari Rabu, 20 Februari 2019 di Warung Kepo Jl. Merdeka Pontianak.

General Manager Sales Region Kalimantan, Mulya Budiman mengatakan, “Selamat kepada para pemenang yang sudah membuktikan diri menjadi yang terbaik dalam IndonesiaNEXT 2018. Sesuai dengan tema IndonesiaNEXT ‘Yes I’M THE NEXT’, kami berharap anak-anak muda Indonesia ini tidak hanya dapat menjadi inspirasi bagi lingkungan sekitarnya, tapi sebagai generasi penerus juga dapat terus meningkatkan kecakapan dan kompetensi millennialsnya untuk membawa Indonesia dapat bersaing secara global.”

“ Di tahun 2018 , Pertama kalinya Kota Pontianak masuk dalam salah satu lokasi kegiatan Roadshow IndonesiaNEXT yang di gelar di 8 kota di Indonesia yang melibatkan lebih dari 17.000 peserta dari seluruh Indonesia. Hasil kerja keras ini memunculkan 5 finalis yang masuk dalam 32 besar dan salah satunya berhasil masuk sebagai 10 peserta terbaik IndonesiaNEXT 2018, dan ini merupakan pencapaian terbaik dan menunjukkan semangat dan keseriusan anak muda Pontianak terhadap kegiatan yang digelar Telkomsel ini,” tutur Mulya Budiman.

Para peserta terbaik nasional IndonesiaNEXT sebelumnya telah melalui beberapa seleksi, mulai dari pelatihan dan pengujian kemampuan menggunakan aplikasi presentasi dan desain bersertifikasi, kemampuan berkomunikasi di depan publik, hingga pelatihan soft dan hard skills lainnya. Babak kualifikasi yang berlangsung pada bulan Mei hingga Desember 2018 di delapan kota tersebut menghasilkan 32 peserta terbaik nasional.

Pada tahap akhir kualifikasi tingkat nasional yang berlangsung pada 10-12 Februari 2019 di Jakarta, para peserta mengikuti serangkaian kegiatan bootcamp yang menguji kemampuan mempresentasikan ide secara menyeluruh di hadapan para juri, Mardi FN Sinaga (Vice President People Development Telkomsel), Arief Pradetya (Vice President Enterprise Mobile Product Marketing Telkomsel), Denny Abidin (POH VP Corporate Communication Telkomsel), Tyo Guritno (CEO/Co-Founder Inspigo.id) dan Shahnaz Haque (Praktisi Komunikasi, Talk Inc Fasilitator). Selain sepuluh peserta terbaik IndonesiaNEXT 2018 yang akan berkunjung ke Tokyo, 22 peserta runner-up IndonesiaNEXT lainnya juga mendapatkan kesempatan untuk memperoleh pengetahuan mengenai dunia profesional di beberapa perusahaan di Singapura.

“Terima kasih kepada Telkomsel yang telah memberikan kesempatan kepada kami khususnya anak-anak muda di Pontianak dapat meningkatkan kompetensi dalam menghadapi persaingan dunia profesional yang semakin ketat,” ungkap Sherly Meliani dari Politeknik Tonggak Equator, yang mempresentasikan materi TAILOR, sebuah ide aplikasi untuk membantu para penjahit.

“Program ini merupakan bukti nyata kepedulian Telkomsel kepada kami (mahasiswa) dalam memberikan pengalaman dan perjalanan untuk persiapan menghadapi tantangan global dengan peningkatan kompetensi dan soft skills,” ungkap Brenda Septiana dari Universitas Tanjungpura yang menyampaikan ide tentang edukasi semangat menabung digital yang terintegrasi dengan TCASH.

“Kami sangat apresiasi dengan Telkomsel yang memberi kesempatan kegiatan IndonesiaNEXT ini digelar di kota Pontianak, dan kami dapat membuktikan kesempatan yang diberikan dengan meraih prestasi terbaik ini,” kata Stella Pramudya Fajrini mahasiswi Universitas Tanjungpura dengan judul ide PASSING yang membahas tentang parents counseling.

“IndonesiaNEXT memberikan wadah untuk mengeksplorasi ide-ide kami anak muda sehingga dapat terarah dengan positif dan tentunya bermanfaat bagi diri kami pribadi dan lingkungan sekitar,” ungkap Cintya mahasiswi Universitas Tanjungpura yang membahas ide mengenai pariwisata dengan judul T-RISM.

“IndonesiaNEXT memberikan jalur dalam mengembangkan potensi serta kepercayaan diri dan mempertemukan kami dengan banyak teman dengan latar belakang budaya yang beragam,” kata Vivi Yunika, peserta terbaik dari Universitas Tanjungpura yang mempresentasikan ide PODCAST tentang media pembelajaran digital.

IndonesiaNEXT yang merupakan program unggulan CSR Telkomsel berupa sertifikasi yang bertujuan untuk meningkatkan kapasitas dan mempersiapkan keahlian mahasiswa dalam menghadapi persaingan global yang lebih kompetitif. Mengambil tema “Yes I AM THE NEXT”, program ini dihadirkan untuk dapat menjawab kebutuhan persaingan di dunia profesional yang semakin kompetitif, di mana sertifikasi merupakan salah satu modal mahasiswa ketika memasuki dunia kerja. IndonesiaNEXT 2018 diisi dengan rangkaian acara berupa seminar yang memberikan inspirasi bagi para mahasiswa, pelatihan kompetensi, dan ditutup dengan program ujian sertifikasi tingkat nasional dan internasional.

Peserta yang lulus dari ujian sertifikasi pada program IndonesiaNEXT mendapatkan sertifikat keahlian yang dapat digunakan oleh para mahasiswa sebagai Surat Keterangan Pendamping Ijazah (SKPI). Pada tahap akhir program, para peserta terbaik tingkat nasional dipilih untuk memperoleh pengetahuan mengenai dunia kerja dengan berkunjung ke beberapa perusahaan teknologi ternama di tingkat internasional. (Sukardi)

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *