Webometric 2018 : Peringkat Untan di Kalimatan Jauh Meninggalkan PT Lainnya

Webometric 2018 : Peringkat Untan di Kalimatan Jauh Meninggalkan PT Lainnya

Di awal tahun 2018, Cybermetrics Lab merilis kembali “Ranking WEB of Universities” yang lebih dikenal dengan Webometrics. Rilis edisi 2018.1.0 kali ini menempatkan Universitas Tanjungpura pada rangking 40 se-Indonesia, yang pada edisi sebelumnya berada pada rangking 51. Urutan teratas masih diduduki perguruan-perguruan tinggi terkemuka seperti Universitas Indonesia, Universitas Gajah Mada, Institut Teknologi Bandung, dan Institut Pertanian Bogor.

Di zona Kalimantan, ada beberapa perguruan tinggi dalam urutan 200 besar Indonesia, diawali dengan Universitas Tanjungpura pada urutan 40, Universitas Borneo Tarakan urutan 98, Universitas Mulawarman urutan 118, dan Universitas Palangka Raya urutan 130. Adapun untuk zona Asia Tenggara, Untan berada pada posisi 1.526 dan berada pada posisi 4.685 dunia.

Leadingnya Untan di zona Kalimantan tidak lepas dari upaya keras jajaran pimpinan Universitas yang didukung oleh semua civitas Untan. Seperti dilansir oleh Webometric, ada 4 kriteria yang dinilai pada proses perangkingan, yaitu :
(1) PRESENCE, jumlah halaman web institusi termasuk subdomainnya, sharing web domain dan file-file dokumen
(2) VISIBILITY, Jumlah backlink yang mengarah ke web institusi
(3) TRANSPARENCY (or OPENNESS), Jumlah sitasi dari “Top authors” yang berasal dari institusi
(4) EXCELLENCE (or SCHOLAR), Jumlah paper dari Institusi diantara 10% teratas paling banyak dikutip dalam 26 disiplin ilmu, Data untuk periode lima tahun (2011-2015)

Tim UPT Teknologi Informasi dan Komunikasi Untan telah menganalisis hasil rilis ini terhadap keempat kriteria yang telah ditetapkan. Di Indonesia, untuk kriteria pertama (PRESENCE) Untan berada pada posisi 55, kriteria kedua (VISIBILITY) berada pada posisi ke 90, kriteria ketiga (TRANSPARENCY) berada pada posisi ke 32, dan kriteria keempat (EXCELLENCE) berada pada posisi ke 29. Hal ini menunjukkan bahwa paper-paper yang dipublish oleh dosen-dosen Universitas Tanjungpura merupakan faktor utama yang mendongkrak naik urutan Untan dalam webometric. Perlu usaha lebih keras lagi untuk meningkatkan PRESENCE dan VISIBILITY untuk dapat lebih melesat lagi pada edisi-edisi berikutnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *